Internet Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Internet Marketing



Pengertian Internet Marketing
          Apa itu Internet Marketing? Internet Marketing merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa melalui media elektronik atau internet. Marketing menggunakan internet bisa melalui media, Website, Media social, Youtube, Email, DLL.
          Internet Marketing sendiri merupakan Bahasa Inggris yang jika diterjmahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah “Pemasaran Internet”. Istilah ini sering kita dengar seperti E-marketing atau online marketing. Serta masih banyak lagi istilah lain yang sering kita dengar berhubungan dengan Internet marketing.

Kenapa perlu Internet Marketing?
  1. Teknologi internet sudah sangat berkembang
  2. Cara marketing juga harus ubah dengan cara yang baru yaitu, Internet Marketing
  3. Proses jual beli barang dan jasa sudah jarang menggunakan cara tradisional
  4. Berpindahnya pengguna media offline ke online
  5. Orang sudah banyak melek akan teknologi

Manfaat Internet Marketing
          Internet Marketing memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan traditional marketing. Berikut ini beberapa kelebihan Internet Marketing:
  • Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
  • Dengan internet marketing maka resiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvesional.
  • Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  • Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
  • Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvesional.
  • Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan Negara lain ketika memasarkan suatu produk melalui internet.

Langkah-langkah Internet Marketing
1. Riset Produk
          Dalam internet marketing, riset produk adalah kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan pasar, bukan keinginan anda semata. Cara yang bisa anda lakukan untuk riset produk adalah menggunakan Google Trends.
2. Riset Persaingan
          Setelah produk didapatkan langkah selanjutnya adalah riset persaingan yang ada di pasar untuk mengetahi siapa saja yang akan anda hadapi nanti. Dari riset ini anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak anda bisa mengimbanginya atau memenangkan persaingan bisnis.
3. Mulai marketing
          Step terakhir adalah marketing. Ada banyak pilihan strategi yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk yang anda miliki. Berikut ulasannya:
a. Facebook marketing
b. Youtube marketing
c. Website marketing
d. SEO

e. Content marketing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvolusi Pada Pengolahan Citra Digital

Ringkasan Materi PKn dari Bab 1-Bab 6 untuk Perguruan Tinggi

Logika Fuzzy Metode Sugeno dan Tsukamoto Pada Kecerdasan Buatan