Internet Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Internet Marketing
Pengertian Internet Marketing
Apa itu Internet Marketing? Internet
Marketing merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa
melalui media elektronik atau internet. Marketing menggunakan internet bisa
melalui media, Website, Media social, Youtube, Email, DLL.
Internet Marketing sendiri merupakan
Bahasa Inggris yang jika diterjmahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah “Pemasaran
Internet”. Istilah ini sering kita dengar seperti E-marketing atau online
marketing. Serta masih banyak lagi istilah lain yang sering kita dengar
berhubungan dengan Internet marketing.
Kenapa
perlu Internet Marketing?
- Teknologi internet sudah sangat berkembang
- Cara marketing juga harus ubah dengan cara yang baru yaitu, Internet Marketing
- Proses jual beli barang dan jasa sudah jarang menggunakan cara tradisional
- Berpindahnya pengguna media offline ke online
- Orang sudah banyak melek akan teknologi
Manfaat
Internet Marketing
Internet Marketing memiliki beberapa
manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan traditional marketing. Berikut ini
beberapa kelebihan Internet Marketing:
- Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
- Dengan internet marketing maka resiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvesional.
- Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
- Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
- Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvesional.
- Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan Negara lain ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
Langkah-langkah
Internet Marketing
1.
Riset Produk
Dalam internet marketing, riset produk
adalah kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan
pasar, bukan keinginan anda semata. Cara yang bisa anda lakukan untuk riset
produk adalah menggunakan Google Trends.
2.
Riset Persaingan
Setelah produk didapatkan langkah
selanjutnya adalah riset persaingan yang ada di pasar untuk mengetahi siapa
saja yang akan anda hadapi nanti. Dari riset ini anda akan mendapatkan gambaran
terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak anda bisa mengimbanginya atau
memenangkan persaingan bisnis.
3.
Mulai marketing
Step terakhir adalah marketing. Ada banyak
pilihan strategi yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk yang anda
miliki. Berikut ulasannya:
a.
Facebook marketing
b.
Youtube marketing
c.
Website marketing
d.
SEO
e.
Content marketing
Komentar
Posting Komentar